Membuat Link Read More di WordPress

Bagi para pengguna WordPress tentu tidak asing lagi dengan tampilan default yang tampil secara streamline, lurus dari A sampe Z di satu halaman yang panjang. Hal ini tentu sangat mengganggu jika dibiarkan saja. Tampilan yang terlalu panjang akan banyak menyita waktu sehingga boleh jadi di halaman utama kita hanya kebagian satu artikel saja. Belum lagi para pembaca yang tidak nyaman karena harus sering sering melakukan scrolling.. Ada baiknya jika Anda membuat potongan Artikel di halaman utama, kemudian disediakan link Read More.. (Baca Selengkapnya…) untuk menampilkan seluruh tulisan artikel, ya nggak?
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat link Read more..
1. Menggunakan Tag Excerpt
Excerpt adalah ringkasan dari keseluruhan konten yang kita tulis. Buatlah resume singkat dari artikel Anda dan masukkan ke dalam kolom Excerpt dibagian bawah halaman tulisan artikel (yang diakses dari menu Write – Post)

Atau jika Anda lebih suka bongkar-bongkar, buka file template halaman utama WordPress dan ganti tag the_content() menjadi the_excerpt(). Tag ini bisa ditemukan dalam file post.php atau index.php. Dengan cara ini, kita memberikan perintah kepada WordPress untuk memunculkan 55 kata pertama saja di halaman utama.
Dengan cara ini maka selain 55 kata pertama dalam format HTML yang kita tulis akan dihilangkan ketika Artikel tampil di halaman utama. Keseluruhan kode baru akan muncul secara penuh saat halaman artikel diakses oleh pengunjung.
2. Menggunakan Tag More
Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Tag More. Cara terakhir ini lebih sederhana. Kita tinggal memilih tombol More yang ada di Editor WordPress. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar berikut:
Pilih Tombol Edit Kode HTML

Dengan demikian, kode HTML dan format tulisan yang telah melebihi 55 kata tetap tidak akan disembunyikan, sehingga kita bisa lebih bebas menentukan sampai titik mana tulisan yang bisa dianggap sebagai rangkuman akan ditampilkan di halaman muka. Selain itu kita juga dapat mengganti kata Read More dengan kata lain yang kita kehendaki. Tinggal menyisipkan kata yang kita inginkan ke dalam tag , misalnya Artikel Lengkap.., maka seharusnya Tag More akan berubah menjadi: